Pages

Friday, December 31, 2010

Sebuah Kesimpulan tentang Perjalanan

photo courtesy by google.com

Ini adalah posting terakhir. Maksud saya, ini adalah posting terakhir di tahun 2010. Banyak sekali cerita-cerita manis, suka, senang, sedih, duka, lara, kecewa telah dirasakan. Tidak. Saya tidak akan terlalu bertele-tele, apalagi sekadar menye-menye. Ibarat buku, hari ini saya telah sampai pada bagian kesimpulan. Namun saya tidak akan berhenti, melainkan terus menatap hari-hari baru yang masih harus saya lalui di depan.
Tahun ini, 2010, banyak sekali hal-hal dan sesuatu yang semakin membentuk pribadi saya hingga sampai detik ini saya masih bisa berbagi lewat tulisan ini. Teman-teman baru, sahabat baru dan seseorang yang sangat istimewa buat saya menjadikan hari-hari kemarin itu penuh warna.
Aneka cerita sedih, miris yang terkadang membuat saya menitikkan air mata, atau mungkin hanya sekadar mengelus dada tidak sampai membuat saya harus berhenti dan kemudian menyerah pada keadaan.
Sepenuhnya saya sadar, bahwa saya, manusia yang pasti jauh dari sempurna. Sikap dan perbuatan yang acapkali menorehkan sebuah luka atau sayatan pedih dalam hati orang lain. Dari sini saya terus belajar agar esok, hari baru, tahun yang baru benar-benar bisa memberikan pengalaman berharga bagi diri saya.
Kenangan tetaplah kenangan. Tak selamanya kita harus terkurung bahkan terkungkung oleh kenangan-kenangan yang beberapa diantaranya bahkan sampai harus memeram air mata.
Semua yang terjadi adalah untuk dipelajari. Setiap hal yang kita temui, pada saatnya akan memberikan andil yang besar untuk kita hingga nanti tetap tegak berdiri.

Hari kita masih jauh ke depan. Kita tidak bisa hanya hidup dengan berandai-andai, dan terus terperangkap dalam lubang yang sama. Tidakkan dapat menyatukan kenyataan dengan khayalan, apalagi mengembalikan garis waktu yang sejak dahulu tak pernah berhenti berputar. Dengan iman, semoga kita masih bisa merasakan dengan jernih bagaimana Sang Pencipta menyayangi lebih dari yang kita tahu.

Semoga kita selalu siap melangkah, menatap dunia dan mewarnai kehidupan.

Selamat tahun baru. Tuhan Memberkati kita semua... :)


-setiap kejadian, baik besar maupun kecil, adalah sebuah cara Tuhan untuk berbicara pada kita; dan esensi hidup adalah menerima pesan tersebut-


====================
Edutria, 2010. Ketika sampai akhir di sebuah perjalanan, dan bersiap untuk melangkah ke depan.

No comments:

Post a Comment

Kembang Api

Taman kota dan lalu lalang pekerja ibukota selepas jam kerja. Dia senang sekali mengamati manusia-manusia yang melintas di depannya. Suara k...