Pages

Thursday, July 1, 2010

Girls Can Cook and Boys Can Cook.... Better!!

Kemarin saya buka-buka koleksi foto-foto hasil eksperimen saya memasak dan menemukan beberapa foto yang kelihatan menarik untuk diposting. Saya memang hobi memasak, lebih tepatnya yang berhubungan dengan dessert, snack, ataupun pastries. Masak memang bisa, tapi kurang begitu tertarik. Kenapa? Setiap saya masak, pasti selalu keasinan dan ujung-ujungnya cuma komplain yang saya dapat dari teman-teman ataupun keluarga yang mencicipi hasil masakan saya. Selain faktor tersebut, ide dan kreatifitas saya seperti mandheg (bahasa Jawa: berhenti) untuk membuat sesuatu yang bisa menaikkan penampilan masakan tersebut. Ahh... saya memang tidak berbakat disini.

Namun, berbeda ketika saya dihadapkan pada sebuah resep kue atau apapun itu yang penting all about pastries, sekalipun resep itu asing dan belum pernah saya coba sebelumnya, saya tertantang dan semakin penasaran untuk segera bereksperimen dengan tepung, telur, gula dan bahan-bahan yang lain. Saya tidak terlalu berpikiran dengan hasil akhir karena biasanya saya sendiri juga iseng untuk tidak menuruti apa yang disarankan oleh buku resep tersebut. Seringnya malah saya mengobrak abrik ukuran bahan-bahan dan mencoba membuat variasi dengan alternatif yang lain. Hasilnya, bikin saya heran juga. Eksperimen berhasil. Asal campur bahan a'la saya itu juga bukan asal jadi saja sih. Kebetulan background saya memang perhotelan di bidang Pastries, jadi sedikit banyak tahu perbandingan tiap-tiap bahan beserta karakteristiknya. Menyenangkan menurut saya bisa menuangkan kreatifitas dalam bentuk kue. Jangan salah, semakin menarik penampilan kue itu, justru harganya semakin tinggi. Kadang-kadang rasa bisa jadi standar nomor sekian setelah penampilan yang artistik. Namun, bukan berarti kualitas dan rasa disepelekan. Pernah mampir ke cakeshop yang besar kan pasti? Lihat bagaimana kue-kue digarnish (dihias) sedemikian rupa untuk menarik calon pembeli. Mungkin dari segi rasa sama saja dengan toko-toko yang lain. Hanya yang membedakan tentulah bentuk dan penampilannya. Sering itu yang tidak disadari oleh para produsen.

Oya, kembali ke saya. Sebelumnya banyak yang bertanya dan mungkin mencibir saya begini, "Cowok kok seneng masak. Serius itu kamu mau terjun ke dunia kuliner?. Cowok itu ya harusnya ngelakuin kegiatan yang biasa cowok kerjakan. Utak-atik kendaraan, otomotif, teknik bukannya masak, kaya banci."

Hahaha... saya sendiri cuma tersenyum dan bilang, "Lho sekarang Chef itu kebanyakan cowok. Mereka gak kelihatan banci kan? Terjun ke kuliner itu bukan profesi, tetapi hobi dan juga passion. Masak itu juga pakai hati. 
Jangan salah, hotel berbintang rata-rata lebih butuh seorang Chef cowok ketimbang cewek mengingat beban kerja yang berat. Walaupun ada, itu bisa dihitung pakai jari. Cewek memang harusnya bisa masak, itu kodrat, tapi cowok kalau bisa masak kan gak salah. Malah selama ini cowok lebih baik soal itu..."

Memang benar sih, tapi bukan berarti saya menyepelekan kemampuan seorang perempuan dalam hal memasak. Hanya kadang-kadang, seorang laki-laki bisa lebih baik dalam hal yang sama. Cowok yang terjun ke dunia kuliner profesional juga tidak terlihat seperti banci, stereotype yang kadang nangkring di pikiran masyarakat. Sedikit berbagi pengalaman saya ketika terjun ke dapur profesional, yang diperlukan disini benar-benar 'pure heart and passion'. Saya menikmatinya. Ada kerinduan juga ketika hampir dua tahun ini saya memutuskan untuk keluar dari bidang tersebut dan mencoba bidang yang lain. Kangen pisau, mixer, roll pin, oven (yang pernah meledak didepan saya) dan bau kue yang baru matang. That's so memorable. Makanya, kalau ada waktu luang pas weekend, saya sering bereksperimen membuat kue yang saya obrak abrik sendiri resep dasarnya. Terakhir saya buat adalah Cheese Cake yang saya blend dengan blueberry jam dan fresh strawberry kemudian ditopping whipped cream. Hahaha... so yummy!! Dan favorit saya, Apple Moist Cake with Bavarois and Kiwi Pudding. Hihihi... ini juga hasil rakitan saya sendiri.

Jadi, siapa bilang cowok ga bisa masak? :)

Blueberry Cheese Cake
























Apple Moist Cake with Bavarois and Kiwi Pudding













==========================
Edutria, selamat datang di bulan Juli...
foto-foto koleksi pribadi

2 comments:

  1. WAHHHHHHHHHHHHH.... saya mauuu!! tempting banget penampilan kue2mu
    saya nggak jago (malah gak bisa) bikin kue2an, tp kalau masak makanan rumah, bisa doongggg! kodrat bukan? :)

    ReplyDelete
  2. haha.. terima kasih. kalau mau boleh deh kapan-kapan :p
    bikin kue itu gampang koq apalagi kamu kan udah biasa masak pasti bisa. kodrat kan? hahaha :D

    ReplyDelete

Kembang Api

Taman kota dan lalu lalang pekerja ibukota selepas jam kerja. Dia senang sekali mengamati manusia-manusia yang melintas di depannya. Suara k...