Pages

Saturday, December 10, 2011

Never Stop Trying


Pilih mana, gagal atau tidak pernah mencoba (sama sekali)?
Buat saya, gagal tidak berarti akhir dari segalanya. Dalam hidup ada saat tak terduga atau bahkan tidak sesuai dengan rencana. Saya lebih senang untuk mencoba segala sesuatu yang menarik minat saya atau sesuatu yang benar-benar baru dan terasa asing untuk saya. Kalau toh hasilnya tidak sesuai, ya tidak apa-apa.
Gagal bukan juga berarti kalah. Saya selalu percaya, di setiap kegagalan selalu ada hal yang bisa saya pelajari untuk menjadi lebih baik. Bahkan mungkin kita akan mendapat sesuatu yang lebih dari saat ini.
Saya sering mengalami kegagalan. Namun, hal ini tidak membuat saya untuk terus berhenti, menyerah pada keadaan dan hanya berpangku tangan. Kalau kegagalan selalu membuat saya untuk berhenti berusaha, tentunya saya tidak akan pernah kemana-mana. Ketakutan akan gagal hanya akan membuat saya semakin terlihat bodoh, karena terkadang ketakutan terbesar kita adalah tentang apa yang belum terjadi. Lebih mudahnya, ketakutan dan pikiran yang negatif sering berperan besar terhadap kegagalan itu sendiri.
Berapa kali anda pernah gagal, ditolak, atau mungkin sesuatu yang diluar rencana Anda? Saya sering. Bahkan, saya pernah merasa bahwa segala sesuatu tidak ada lagi jalan keluar. Saya menyerah. Apa yang saya dapat? Hanya ketakutan-ketakutan yang terus menghantui saya.
Lalu, tiba pada suatu masa ketika saya mulai sadar dan bisa memilah-milah bahwa kegagalan tidak untuk dijadikan batu sandungan. Saya harus tetap maju, berjalan di rel yang benar dan memulai lagi dari awal. Mempelajari dan merefleksikan kegagalan adalah salah satu cara yang baik untuk dapat melangkah dengan lebih teratur dan terarah di kesempatan yang lain.
Kegagalan bukan juga hilangnya semua kesempatan. Memang, hilang satu saat ini tapi tidak berarti selamanya, kan? Beberapa kesempatan terkadang muncul satu kali. Namun, dalam hidup selalu terdapat kesempatan-kesempatan lain yang sering tanpa kita sadari lewat karena kita hanya fokus dengan kegagalan sebuah kesempatan.
Gagal bagi saya berarti ada sebuah kesempatan dan keberuntungan yang lain. Saya malah lebih malu ketika saya hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa sambil memandang sebuah kesempatan yang lewat di depan mata.
Hidup terlalu singkat untuk dilewatkan dengan diam saja dan enggan berusaha. Tidak ada salahnya mencoba, bukankah di setiap manusia-manusia sukses selalu terdapat kegagalan-kegagalan yang mewarnai langkahnya.
Buat saya, kegagalan adalah sebuah proses yang membentuk saya seperti sekarang ini.

Berhenti mengeluh, dan berani keluar dari zona yang selama ini kamu anggap nyaman. Di luar sana, selalu terdapat kesempatan-kesempatan yang bahkan selama ini tidak pernah kamu bayangkan. Tinggal kamu mau mencoba atau tidak sama sekali. Semua ada di tanganmu.

Saya, selalu ingin mencoba hal-hal baru dan itu menambah satu pengalaman berharga dalam hidup.



==============
Edutria, 2011. Saya tidak pernah takut gagal.




No comments:

Post a Comment

Kembang Api

Taman kota dan lalu lalang pekerja ibukota selepas jam kerja. Dia senang sekali mengamati manusia-manusia yang melintas di depannya. Suara k...