Pages

Thursday, December 8, 2011

How Old Are You?


Ketika menghadapi pertanyaan seperti di atas, awalnya pun saya bingung dan berpikir cukup lama. Kemudian terlintas di benak, ah mungkin saya ingin usia yang masih muda dibanding dengan usia saya -- yang saya sendiri juga tidak tahu, kan?
Mungkin 17, 18, atau 20 tahun. Kalau bisa memilih maka saya lebih muda lagi. Semacam ingin menengok kembali ke belakang tentang apa dan bagaimana saya menjalani hidup selama ini. Tidak selalu baik, karena pasti setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Jika pada akhirnya pertanyaan seperti ini harus dijawab dengan angka yang valid, maka saya akan menjawab ketika saya masih anak-anak dan mungkin juga seperti ini, "saya bersyukur sudah menjalani hidup selama ini meski saya sendiri tidak tahu seberapa tua diri saya."
Anak-anak, selalu ada kerinduan untuk mengulang kembali waktu ke masa-masa itu. Waktu dimana saya tidak begitu pusing dengan apa yang terjadi di semesta ini. Waktu dimana saya bebas dan leluasa tanpa perlu merasa malu dan terkekang oleh semacam norma atau entahlah mungkin tatanan sosial yang dewasa ini tampak seperti benang yang kusut masai karena tak mengerti ujung pangkalnya. Saya, sebagai anak-anak hanya tahu bermain dan bebas bereksplorasi dengan sekitar. Anak-anak yang polos, yang begitu sederhana dalam memandang hidup.
Lalu semuanya berproses. Anak-anak berkembang menjadi remaja lalu dewasa. Pilihan-pilihan itu pasti ada.
Maka kemudian saya sampai pada kesimpulan, usia tidak begitu penting apakah saya sudah mulai tua atau baru membuka mata dan melihat dunia. Bagi saya, anugerah untuk bisa menikmati hidup dan memberi warna di dalamnya itu lebih bermakna.
Saya hanya berefleksi, di usia saya sekarang, apa yang telah saya berikan untuk hidup dan kehidupan di sekitar saya. Sebagai manusia, saya hanya ingin berguna untuk sekitar dan bersyukur untuk semua yang telah saya terima.

Lagi-lagi, pertanyaan itu kembali masuk dan berkelindan di otak saya, "jadi seberapa tua diri anda?". Hahaha... saya masih muda. Saya 24 tahun, sudah kenal cinta, pacaran, tetapi amat-sangat-belum siap untuk menikah. Sudah puas? :))




=======
Edutria, 2011. Refleksi akhir tahun.

No comments:

Post a Comment

Kembang Api

Taman kota dan lalu lalang pekerja ibukota selepas jam kerja. Dia senang sekali mengamati manusia-manusia yang melintas di depannya. Suara k...